Kenapa Islam Memperbolehkan Poligami?

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan non Muslim kepada islam
Kenapa Islam Memperbolehkan Poligami?
Dr Zakir Naik

Kenapa Islam memperbolehkan lelaki muslim menikahi lebih dari seorang wanita? Kenapa Poligami diperbolehkan dalam Islam?

Arti dari kata POLIGAMI adalah: Seseorang yang memiliki lebih dari satu suami atau istri. Jadi siapa saja yang memiliki lebih dari satu suami atau istri itu disebut poligami.
Poligami ada dua macam. Pertama adalah POLIGINI, yang artinya seorang laki-laki memiliki lebih dari satu istri. Kedua adalah POLIANDRI, yang artinya seorang wanita memiliki lebih dari satu suami.

Islam tidak membenarkan semua jenis Poligami (karena poligami memiliki dua macam jenis). Poligini (laki-laki yang memiliki lebih dari satu istri) dalam Islam diperbolehkan. Dan Poliandri (wanita yang memiliki lebih dari satu suami) tidak diperbolehkan dalam Islam.

Penjelasan kenapa islam memperbolehkan Poligini?

Al Quran adalah satu-satunya kitab di muka bumi ini yang mengatakan "Nikahlah dengan satu orang saja", tidak ada kitab agama lain yang mengatakan hal seperti itu. Lihat-lah dalam kitab agama lain, seperti kitab Geeta, Ramayana, Bible, tidak ada yang mengatakan "Nikahlah dengan satu orang saja" kecuali Al Quran.
Menurut Al Quran dalam surat An-Nisa ayat 3: "Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka menikah lah dengan wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka menikah lah dengan satu orang (wanita) saja.." Al Quran telah memberi batasan, maksimum menikahi 4 wanita. Sebelum Al Quran diturunkan, manusia biasanya mempunyai sepuluh bahkan ratusan istri, dan setelah Al Quran diturunkan maksimal adalah 4. Akan tetapi kamu hanya boleh menikahi wanita lebih dari satu jika kamu dapat berlaku adil, jika tidak, maka menikah lah dengan satu wanita saja.

Dan dalam Al Quran surat An-Nisa ayat 129: "Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri- istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.."

Yang dimaksud disini adalah yang tidak berbuat adil dalam nafkah, waktu dan menginap, bukan dalam masalah cinta dan hasrat hati. Tidak ada seorangpun yang mampu menguasai hatinya kecuali Allah yang menciptakan hati.

Umpama seorang ibu, walaupun dia menyayangi semua anak-anaknya, akan tetapi dia tidak akan mampu menyayangi semua anaknya sama rata, pasti akan ada salah satu anak yang paling disayangi melebihi anak lainnya. Seperti itulah seseorang yang memiliki lebih dari satu istri, dia tidak akan mampu menyayangi semua istrinya sama rata. Al Quran mengatakan, "Mustahil untuk berlaku adil jika cinta atau kasih sayang yang dimaksudkan", tetapi jika dalam hal lain, semisal nafkah, waktu, atau uang belanja, kamu harus bersikap adil kepada istrimu. Dan untuk berlaku adil dalam hal hati (cinta dan kasih sayang) meskipun itu mustahil setidaknya cobalah sebaik mungkin.

Banyak orang yang berfikir, bahwa menikah lebih dari satu wanita adalah hal wajib dalam Islam, itu salah (tidak ada kewajiban). Terdapat 5 kategori hukum Islam.

  1. Wajib atau perkara yang harus dilakukan (Seperti Sholat dll)
  2. Sunnah atau perkara yang dianjurkan (Seperti memelihara jenggot dll)
  3. Mubah atau perkara yang terserah antara dilakukan atau tidak (Seperti melamun, bercanda dll)
  4. Makruh atau perkara yang dianjurkan untuk tidak dilakukan akan tetapi jika dilakukan tidak berdosa dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala (Seperti merokok, makan dan minum sambil berdiri dll)
  5. Haram atau perkara yang dilarang (seperti zina, minuman keras dll)

Poligini (laki-laki yang memiliki lebih dari satu istri) tergolong kategori diperbolehkan bukan wajib, akan tetapi jika kamu menikah dengan lebih dari satu wanita dan kamu tidak dapat berlaku adil, maka kamu di dalam masalah.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Video Dr. Zakir Naik saat memberikan penjelasan mengenai permasalahan dengan judul Kenapa Islam Memperbolehkan Poligami.




0 komentar

Berkomentarlah sesuai topik artikel & Mohon tidak melakukan spam atau komentar negatif

View MoreHOTTEST ARTICLES